Home » ijrsh'S HOT TIPS » Fenomena Jokowi dan Medsos

Fenomena Jokowi dan Medsos

Jangan pilih kucing dalam karung. Pertanyaanya: "ada ga kucingnya?". Silahkan googling nama para caleg, lalu copaskanlah hasil pencarianmu pada halaman para caleg tersebut. Komentar dan TESTIMONI berupa Kesaksian Rekam Jejak Caleg akan sangat berguna serta dapat menjadi petunjuk bagi para pemilih yang buta caleg maupun parpol. Komentar disertai Promo dan atau HP, Email adalahSPAM (terblokir).

Komentar - Komentar Terblokir

Statistic Content & Rating Caleg

PENDIDIKAN POLITIK PUBLIK

RELAWAN JOKOWI PRESIDEN 

Tentu masih ingat, di tahun 2009 dengan grup facebook (fb) “Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Rianto”, yakni suatu gerakan para facebookers (fb’ers) untuk menghalau niat pelemahan KPK oleh suatu cara meng-kriminalisasi ke-2 Komisioner KPK dikala itu (kasus Cicak vs Buaya). Grup GSFDCB tersebut tembus dengan anggota (member) lebih dari sejuta akun fb. Inilah pertama sekali bagi media sosial (medsos) dapat berguna-pengaruh bagi dunia nyata.

DI PILPRES 2014, terulang hal sama. Suatu gerakan menembus lebih dari 1 Juta akun bergabung dalam grup yang bernama Relawan Jokowi Presiden (RJP). Hakekat grup sangat berbeda dengan panpage. Panfage Besar biasanya di-publish secara berbayar untuk merambah para fb’ers guna menyukai (like) sedangkan grup adalah forum interaktif oleh para member yang bergabung. Dengan demikian para akun yang bergabung adalah mereka yang antusias, serta menjadi subjek dalam suatu media sosial.

Bertabur grup-grup politik (pilpres) di fb, baik berupa pendukung Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK. Dari Hasil pemantauan, grup yang paling berpengaruh adalah RJP. Suatu grup yang dikelola oleh Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Bara JP). Tidak sekedar berjumlah members besar sebagai penikmat. Akan tetapi terbentuknya generasi muda yang mulai peduli terhadap isu politik. Mereka tumpah ruah berinteraksi dengan gaya maupun tema yang khas. Pertarungan isu maupun konter isu dikemas secara kreatif. Berbentuk konten teks maupun “perang gambar” yang sangat menarik. Singkatnya, politik menjadi ringan, menyenangkan tanpa meninggalkan makna politik itu sendiri.

rjp

NETIKRASI MEDSOS

Pepatah “semakin tinggi pohon semakin kencang angin”; dialami grup RJP. Oleh karena tidak saja menarik antusias bagi para Simpatisan atau Relawan Jokowi (Jokowers) tetapi juga bagi fb’ers yang berseberangan-berbeda pilihan pun turut bergabung (joint) guna ber-adu interaksi. Sayangnya, ada saja yang kebablasan dengan konten-konten terlarang (porno, dsb). Penyusupan perilaku negatif ini tentu sangat disesalkan. Apalagi bila dilakukan dengan sengaja untuk merusak. Memposting konten terlarang lalu melaporkannya secara bersamaan ke pihak fb sehingga grup terblokir (suspend). Sudah 2 (dua) kali terjadi, semoga tidak terulang kembali.

MEDSOS menjadi sarana penguatan demokrasi berupa pendidikan maupun partisipasi netizen harus terus digalakkan. Pilpres 2014 telah menjadi momentum dimana lewat medsos, politik menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kiranya hal ini pun akan terus berjalan. Tidak sekedar petarungan “perang” perebutan pengaruh memenangkan kandidat jagoan masing-masing namun juga terus memantau-kawal kandidat yang terpilih.

Pasca Pilpres, medsos harus menjadi media kontrol publik terhadap kekuasaan (legislatif-eksekutif-yudikatif). Esensi demokrasi adalah partisipasi aktif rakyat dalam menentukan arah-perjalanan kekuasaan. Era baru ICT menjadi membawa dampak bahwa partisipasi rakyat itu menjadi lebih mudah, murah, kapan dan dimana saja. Tentu dengan prasyarat, bahwa setiap hal terkait medsos haruslah menjunjung tinggi NETIKET. Bila esensi demokrasi adalah partisipasi aktif, maka esensi bermedsos adalah netiket aktif pula sehingga demokrasi medsos mewajibkan beretika internet (netiket) sebagai keharusan.

Bila saja setiap netizen beretika, maka kasus Grup RJP disuspend berulang-ulang diatas tidak akan terjadi. Syaratnya fb’ers harus memahami dengan berselancar “googling” kata NETIKET. Selanjutnya terapkan, setiap beraktivitas di fb dan media internet lainnya. Lawan berdebat-pendapat adalah sahabat berpikir, rival politik adalah sahabat berdemokrasi. Karenanya tak ada tempat untuk saling membenci. Kebencian dalam berpolitik merupakan sikap-pilihan yang anti demokrasi. Era ICT adalah era dimana kita saling terhubung untuk berbagi (share and connected). Bila kita berbagi kebaikan tak mungkin kejahatan yang akan ditimpakan kepada kita kelak.

SALAM-KAWAL Demokrasi. Manfaatkan ICT untuk kebangkitan politik kita yang beradab. Karena dalam dunia internet seluruh mata di muka bumi melihat apa dan siapa kita dihadapan semesta. Salam hormat kepada tiap-tiap pendukung maupun Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Joko Widodo; 2 (dua) tokoh pemimpin Demokrasi Indonesia; yang walau berbeda fungsi namun saling menguatkan jalannya demokrasi 5 (lima) tahun mendatang. Semoga!.


1 Comment

  1. wah ga sangka ya pa Jokowi bisa setenar itu di media sosial sewaktu pilpres, tapi ko sekarang malah popularitasnya menurun ya? ada apa ya?

Berpartisipasi Untuk INDONESIA 2014 Yang Lebih Baik

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

← Rekam Jejak Politisi Indonesia

KLIK DISINI 560 CALEG TERPILIH PEMILU 2014 ANGGOTA DPR R.I.

Anggota DPR R.I. 2009-2014

Anggota DPD R.I. 2009-2014

Berdasarkan IP address, dlsb; tiap tindakan Anda tunduk terhadap hukum. Patuhilah NETIKET agar anda direspon publik secara positif. Kenali seluruh caleg di setiap dapil. Klik Indonesia, lalu klik Kab/Kotamu. Perhatikan seluruh wajah calegmu. Klik FOTO (halaman caleg) atau klik BIOCALEG (Riwayat Hidup Caleg). Berkomentarlah (TESTIMONI) atau berikan rekomendasi (RATE THIS) caleg layak coblos klik jempol atas.

Statistik Blog by WP & Google

  • 1,139,606 hits by public, voters, candidates & campaign team
%d bloggers like this: